Senin, 01 Desember 2014

Mengenal beberapa jenis bahan busana muslim


SPANDEX
Kain spandex tidak hanya memberikan keindahan bagi pemakainya tetapi juga memberikan kenyamanan, kelembutan dan kelenturan yang tinggi. Keunggulan ini membuat pemakai dapat bebas bergerak dengan nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Keunggulan kain spandex :
1. Memiliki pegangan yang lembut
2. Memiliki daya flexibilitas yang tinggi
3. Lebih nyaman dipakai karena tidak kaku
4. Memiliki dimention stability yang bagus

Kain spandex digunakan untuk :
- Baju senam
- Gamis
- Blouse
- Kerudung

RAYON
Merupakan benang yang terbuat dari regenerasi selulosa, serat yang dijadikan benang rayon berasal dari polimer organic sehingga bisa disebut serat semi sintetis. Bahan utama serat rayon adalah kayu. Benang rayon memiliki keunggulan lebih menyerap air dibandingkan dengan cotton, lebih mengkilap, lebih lembut tapi lebih mudah kusut.

Benang rayon yang biasa digunakan ada:
Spun Rayon : Benang rayon berupa staple yang ditwist seperti benang cotton.
Rayon Slub : Benang rayon yang dibuat seperti cotton slub

COTTON
Sejak abad 15 sebelum masehi serak kapas sudah digunakan untuk bahan pakaian. Serat kapas di peroleh dari tanaman kapas dan dihasilkan dari rambut biji tanaman kapas. Serat kapas mempunyai daya serap air, seratnya lembut sehingga bahan ini lebih nyaman dipakai. Benang kapas yang umum digunakan adalah :
Supima : cotton pima, merupakan cotton dengan kualitas tinggi yang memiliki serat kapas yang sangat panjang yang sangat berpengaruh terhadap kerataan, kekuatan, kehalusan bahannya dan lebih berkilau .

Combed (CM) : kualitas baik (kerataan dan neps)
Carded (CD) : kualitas tidak sebagus combed, biasanya masih banyak biji kapas, dan neps
Cotton Slub : benang khusus dengan bagian tebal dan tipis

POLYESTER
Seringkali kita menggunakan baju dengan berbagai macam ukuran dan bahan, namun kita luput dan lupa pada bahan yang menjadi material pembangun baju yang kita kenakan tersebut.
Padahal bahan-bahan baju berpengaruh kepada tingkat kenyamanan terhadap baju yang kita kenakan, secara umum baju dibagi kedalam dua bagian bahan, bahan pertama adalah bahan yang terbuat dari serat alami salah satu bahan baju yang terbuat dari bahan alami adalah baju katun, sementara satu lagi adalah bahan baju yang terbuat dari serat sintetis, salah satu contoh dari bahan baju satu ini adalah baju polyester.
Keunggukan Bahan Baju Polyester, Bahan baju dari polyester memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah tidak mudah kusut, gampang kering saat dijemur, lebih tahan terhadap berbagai bakteri, serta tidak mudah susut ataupun melar. Namun begitu sebagai bahan baju dari serat buatan bahan baju Polyester memiliki banyak kelamahan seperti panas saat digunakan, tidak bisa menyerap keringat, sehingga jika mengenakan baju ini di cuaca saat terik maka sangat menyiksa. Bahan Polyster lebih cocok digunakan di daerah dingin dan ruangan ber-AC.
Untuk meminimalisir kelemahan bahan baju yang terbuat dari bahan Polyester bisa juga dengan cara mencampur bahan serat alami dengan bahan serat buatan seperti polyester, menggabungkan kedua jenis kain ini akan membuat kedua kain menyatu dengan keunggulandan kelamahan bawaannya, untuk mengetes akan bahan yang terbuat dari bahan polyseter bisa dengan cara membakar salah satu benang kecil yang terdapat pada bahan produk yang akan anda tes, saat dibakar benang dari produk bahan polyester akan berbau seperti plastik namun jika suatu bahan yang terbuat dari serat alami akan berbau seperti bahan yang terbakar normal.
Itulah beberapa ciri, karakteristik, kelemahan serta kelebihan dari bahan kain terutama baju polyster yang berbeda dengan baju yang terbuat dari bahan alami.

CVC
CVC merupakan campuran Cotton dan Polyester, serat cotton memiliki daya serap air yang tinggi sedangkan polyester memiliki kekuatan putus yang tinggi, sehingga dengan campuran keduanya dapat menghasilkan sifat yang sangat bagus yaitu memiliki daya serap tinggi serta daya tahan yang tinggi pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar